1.1.j. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1
Pemikiran-Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Nama CGP : Dewi Rorowulan, S.Pd
Asal Sekolah : SMAN 1 Baturraden
Tugas : 1.1.j. Koneksi Antar Materi
Sosio-Kultural
KHD berpesan pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan. Padahal ini kebudayaan dan pendidikan adalah satu kesatuan utuh. kebudayaan yang dimaksud adalah adat istiadat dimana siswa itu tinggal bisa berupa adat kebiasaan, permaiannan tradisional, musik dan tari tradisional.
Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata surya, di mana murid digambarkan sebagai planet yang mengorbit pada matahari (simbol nilai kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Matahari menjadi pusat nilai profil pelajar Pancasila.
Setiap planet berevolusi dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti bergerak (Syahril, 2018).
KHD saya ilustrasikan seperti rasi bintang yang memberi keindahan langit malam serta memberikan petunjuk dalam dunia pendidikan. Guru ibarat astronot yang Mengatur satelit untuk kebutuhan teknologi dan komunikasi seluruh planet (siswa), melakukan eksplorasi, pengamatan dan dokumentasi.
- Menerapkan budaya 5S.
- Memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
- Setelah berdoa siswa di wajibkan menyanyikan lagu indonesia raya dan lagu daerah.
- Sebelum ke materi PJOK siswa mempraktekkan penerapan permainan tradisional sebagai pemanasan berbentuk permainan.
- Mengajarkan olahraga silat adalah olahraga asli indonesia dan macam macam permainan tradisional sebagai bentuk olahraga.
Kesimpulan:
Setelah menerapkan proses pembelajaran sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara siswa di kelas saya menjadi lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran. mereka menjadi lembih gembira dengan adanya permainan tradisional sebagai bentuk pemanasan sebelum materi PJOK.
Dokumentasi Aksi:
Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Nasional dan Daerah |
0 Response to "1.1.j. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1"
Posting Komentar