2.2.k. Aksi Nyata - Modul 2.2

 4P Refleksi Modul Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional

(Peristiwa - Perasaan - Pembelajaran - Penerapan)

1. Apa yang  Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut? (Peristiwa)

Pembelajaran Kompetensi sosial dan emosional pada modul 2.2 ini sangat membantu saya menyiapkan kesiapan murid untuk menerima pembelajaran dari segi sosial dan emosional. penerapan KSE di dalam modul akan memudahkan guru dalam meningkatkan kompetensi sosial emosional siswa yang sejalan dengan profil pelajar pancasila. saya melihat pembelajaran yang berpihak pada murid dengan menerapkan KSE.

2.  Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami? (Perasaan)

Perasaan saya mempelajari modul ini sangat antusias dan sangat menarik perhatian saya. saya dapat mengetahui bagaimana cara menerapkan KSE di dalam kelas. dan saya juga dapat berbagi praktik baik KSE kepada teman GTK ini merupakan pengalaman terbaik yang tak terlupakan. dimana kecerdasan emosional sangat mempengaruhi kinerja seseorang. Dengan memiliki kecerdasan emosional GTK di harapkan mampu mengendalikan emosinya sesuai dengan KSE, dengan harapan guru yang bahagia akan menciptakan kebahagiaan untuk seluruh siswanya.

3. Apa  hal yang bermanfaat dari proses tersebut? (Pembelajaran)

Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan ketika mempelajari modul 2.2 ini, bukan hanya manfaat bagi saya pribadi. Manfaat ini juga dapat di rasakan oleh murid saya, rekan sejawat dan seluruh PTK di sekolah saya. Nilai-nilai kebaikan itu layaknya sebuah minyak wangi, bila kita menyemprotkan prafum di ruangan kelas, seluruh siswa akan mencium aroma ketenangan. begitu juga dengan konsep penerapan KSE ini, sosial emosional yang baik akan menularkan nilai kebiasaan sosial emosionalnya yang baik pula.

4. Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)

Umpan balik yang saya dapatkan ketika menerapkan pembelajaran KSE di kelas. siswa sangat untusias mereka menjadi paham bahwa kesekolah bukan hanya meningkatkan kecerdasan intelektual tapi juga meningkatkan kecertasan emosional. 

Siswa juga semakin pahwa EQ lebih penting dari IQ dengan harapan mereka akan menjadi pemimpin masa depan dan memiliki karakter pelajar Pancasila.

Umpan balik yang saya dapatkan dari teman sejawat / GTK yaitu mereka sangat Bahagia dapat mengetahui tentang KSE, dan beberapa di antara rekan sejawat sudah pernah menerapkan akan tetapi belum mengetahui materi tentang KSE ini.

5. Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas? (Penerapan)

Pertama saya akan memperbaiki KSE saya secara personal. Saya akan berusaha menjadi contoh yang baik bagi warga sekolah dan berkerja sama dengan kombel di sekolah untuk meningkatkan kesadaran GTK mengenai Kompetensi Sosial dan Emosional yang harus dimiliki sehingga dapat berdampak bagi orang banyak.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2.2.k. Aksi Nyata - Modul 2.2"