Koneksi Antar Materi Modul 1.1 dan Modul 1.2
Nama CGP : Dewi Rorowulan, S.Pd
Instansi : SMAN 1 Baturraden
PGP : Angkatan 11 Kabupaten Banyumas
Instansi : SMAN 1 Baturraden
PGP : Angkatan 11 Kabupaten Banyumas
PP : Arianti Frandhi Melizza
Fasilitator : Coach Sanuri
Koneksi Antar Materi
Modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan Modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):
- Peristiwa: Dalam Modul 1.1 saya belajar memahami tentang filosofi KHD secara mendalam saya semakin paham tujuan pendidikan nasional yang sesungguhnya, peran saya sebagai guru, bagaimana cara menghadapi siswa sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. bahwa setiap anak memiliki cara berproses yang berbeda, ada yang berjalan lambat ada yang cepat bahkan ada yang memilih jalan berputar untuk mencapai tujuan capaian pembelajaran. guru tidak bisa menuntut siswa tapi guru harus menuntun siswa. Pada Modul 1.2 saya belajar lebih mendalam tentang nilai dan peran guru penggerak. sebagai guru penggerak saya harus memiliki 5 nilai yang wajib dimiliki oleh guru penggerak yaitu; Berpihak pada murid, Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, dan Inovatif. Nilai-nilai tersebut harus di implementasikan dalam peran guru penggerak. Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah guru penggerak haruslah memahami Filosofi Pendidikan KHD mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran dengan berpengangan nilai-nilai guru penggerak dan menerapkannya dalam kegiatan di sekolah, baik dalam proses belajar ataupun kegiatan lainnya.
- Perasaan: Ketika saya mempelajari modul 1.1 dan model 1.2 tenyata modul ini saling berkaitan satu sama lain dan saling menguatkan peran guru penggerak. Saya sangat senang dan antusias dalam mempelajari modul tersebut. Menjadi guru mungkin hal yang mudah tetapi menjadi guru yang selalu dirindukan perlu perjuangan dalam memahami siswa. Dengan mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP) saya belajar dengan bahagia bagaimana memahami dan menuntun siswa lebih baik.
- Pembelajaran: Sebelum Mengikuti PGP saya berpikir bahwa saya sudah menjalankan kewajiban saya sebagai seorang guru yaitu mengajar menyampaikan materi tetapi sekarang saya berpikir bahwa tugas guru bukan hanya mengajar sesuai dengan materi pelajaran, melainkan menghamba pada murid, membuat mereka bahagia, dan menuntun mereka untuk mencapai kesuksesan.
- Penerapan ke depan (Rencana): Pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang yaitu melakukan Refleksi Diri. Dengan melakukan Refleksi Diri secara rutin saya akan merenungkan apakah saya sudah menjadi guru yang baik yang telah menerapkan modul 1.1 dan modul 1.2 Hal tersebut dapat membantu menguatkan saya dalam menerapkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak.
0 Response to "Koneksi Antar Materi Modul 1.1 dan Modul 1.2"
Posting Komentar