Refleksi Dwi Mingguan 2
Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)
1.Fakta Setelah mempelajari modul 1.2 nilai dan peran guru
penggerak. sebagai guru penggerak saya harus memiliki 5 nilai yang wajib
dimiliki oleh guru penggerak yaitu; Berpihak pada murid, Mandiri, Reflektif,
Kolaboratif, dan Inovatif. Nilai-nilai tersebut harus di implementasikan
dalam peran guru penggerak. Peran Guru Penggerak: Menjadi pemimpin
pembelajaran; Menjadi coach bagi guru lain; Mampu mendorong kolaborasi;
Mewujudkan kepemimpinan pada murid; Mampu menggerakkan komunitas praktisi.
Saya baru mengenal trapesium usia menurut saya materi trapesium usia sangat
menarik. |
4.Peringatan Kendala atau hambatan yang
saya dapatkan ketika mempelajari nilai dan peran guru penggerak yaitu. saya
harus dapat memiliki semua nilai tersebut dan menerapkan peran guru penggerak
secara baik. Mempelajari modul ini membuat saya sadar bahwa saya perlu
meningkatkan peran saya sebagai coach bagi guru lain karena selama ini saya
hanya sharing ilmu kepada rekan sejawat yang dekat dengan saya saja. |
2.Perasaan Perasaan saya mempelajari modul 1.2 Nilai &
Peran Guru Penggerak sangat antusias dan bahagia, karena dari nilai-nilai dan
peran guru penggerak ternyata ada beberapa nilai dan peran yang sudah saya
lakukan akan tetapi masih belum maksimal karena saya belum mempelajari secara
utuh. Pada modul ini saya diberikan kesempatan untuk belajar secara utuh itu
yang membuat saya sangat bahagia karena dapat saya terapkan dalam proses
pembelajaran jangka panjang. |
5.Kreativitas Setelah saya belajar modul 1.2 Nilai & Peran
Guru Penggerak. Saya semakin menyadari bahwa saya harus dapat
mengimplementasikan nilai-nilai dan peran guru penggerak, Terutama untuk
lebih terbuka kepada guru lain untuk saling berbagi hal baik. belajar seni
berbagi agar tidak menggurui guru senior di sekolah. |
3.Manfaat 1.
Saya dapat melakukan
pengembangan diri untuk meningkatkan mutu pembelajaran. 2.
Saya menjadi tahu nilai dan
peran guru penggerak. 3.
Mengetahui Trapesium usia. 4.
Mengetahui cara berpikir
otak ; sistem berpikir cepat dan sistem berpikir lambat. 5.
Mengetahui kebutuhan dasar
manusia. 6.
Mengetahui tahap tumbuh
kembang anak. |
6.Proses Dalam proses Pendalaman modul 1.2 saya memiliki
sudut pandang 5 topi berwarna, dalam proses ini merupakan topi terakhir untuk
saya dapat menjadi lebih baik lagi ke depannya, maka saya harus menjadi coach
bagi guru lain. Sebelum menjadi Coach bagi guru lain saya harus belajar
menerapkan nilai-nilai guru penggerak pada diri saya sehingga dapat
menularkan nilai-nilai positif terhadap guru lainnya. “Mulai dari diri agar dapat berbagi” - Dewi Rorowulan |
0 Response to "Refleksi Dwi Mingguan 2"
Posting Komentar