Refleksi Dwi Mingguan 2

 Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)  

1.Fakta

Setelah mempelajari modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak. sebagai guru penggerak saya harus memiliki 5 nilai yang wajib dimiliki oleh guru penggerak yaitu; Berpihak pada murid, Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, dan Inovatif. Nilai-nilai tersebut harus di implementasikan dalam peran guru penggerak. Peran Guru Penggerak: Menjadi pemimpin pembelajaran; Menjadi coach bagi guru lain; Mampu mendorong kolaborasi; Mewujudkan kepemimpinan pada murid; Mampu menggerakkan komunitas praktisi. Saya baru mengenal trapesium usia menurut saya materi trapesium usia sangat menarik.

4.Peringatan

Kendala atau hambatan yang saya dapatkan ketika mempelajari nilai dan peran guru penggerak yaitu. saya harus dapat memiliki semua nilai tersebut dan menerapkan peran guru penggerak secara baik. Mempelajari modul ini membuat saya sadar bahwa saya perlu meningkatkan peran saya sebagai coach bagi guru lain karena selama ini saya hanya sharing ilmu kepada rekan sejawat yang dekat dengan saya saja.

2.Perasaan

Perasaan saya mempelajari modul 1.2 Nilai & Peran Guru Penggerak sangat antusias dan bahagia, karena dari nilai-nilai dan peran guru penggerak ternyata ada beberapa nilai dan peran yang sudah saya lakukan akan tetapi masih belum maksimal karena saya belum mempelajari secara utuh. Pada modul ini saya diberikan kesempatan untuk belajar secara utuh itu yang membuat saya sangat bahagia karena dapat saya terapkan dalam proses pembelajaran jangka panjang.

5.Kreativitas

Setelah saya belajar modul 1.2 Nilai & Peran Guru Penggerak.

Saya semakin menyadari bahwa saya harus dapat mengimplementasikan nilai-nilai dan peran guru penggerak, Terutama untuk lebih terbuka kepada guru lain untuk saling berbagi hal baik. belajar seni berbagi agar tidak menggurui guru senior di sekolah.

 

 

3.Manfaat

1.       Saya dapat melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

2.       Saya menjadi tahu nilai dan peran guru penggerak.

3.       Mengetahui Trapesium usia.

4.       Mengetahui cara berpikir otak ; sistem berpikir cepat dan sistem berpikir lambat.

5.       Mengetahui kebutuhan dasar manusia.

6.       Mengetahui tahap tumbuh kembang anak.

6.Proses

Dalam proses Pendalaman modul 1.2 saya memiliki sudut pandang 5 topi berwarna, dalam proses ini merupakan topi terakhir untuk saya dapat menjadi lebih baik lagi ke depannya, maka saya harus menjadi coach bagi guru lain. Sebelum menjadi Coach bagi guru lain saya harus belajar menerapkan nilai-nilai guru penggerak pada diri saya sehingga dapat menularkan nilai-nilai positif terhadap guru lainnya. 

“Mulai dari diri agar dapat berbagi” - Dewi Rorowulan


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Refleksi Dwi Mingguan 2"